Liburan di Situ Gunung Sukabumi

 Situ Gunung merupakan Satu danau yang ada di ketinggian di kisaran 850 mdpl di kaki gunung Gede Pangrango. Lokasi danau ini sendiri tetap ada di kompleks Taman Nasional Gede Pangrango. Di kisaran 16 km besutan pusat kota Sukabumi. Ada di lokasi wisata seluas nyaris 100 hektare, Situ Gunung adalah tempat object wisata alam yang kerap dikunjungi beberapa turis lokal dan

Baca selengkapnya di --->>  Liburan  di Situ Gunung Sukabumi

situ gunung 4


mancanegara tanah air, banyak yang di tawarkan dalam wisata alam Situ Gunung ini, panorama alam situ yang indah disempurnakan oleh kehadiran semak serta seluruh wujud flora yang terdapat pada bagian dalam. Terkecuali menghadirkan pesona alam yang alami, wisata Situ Gunung pula termasuk juga obyek wisata terjangkau serta bisa di nikmati dengan semuanya generasi.

Tidak cuma itu saja pula tempat ini tawarkan beragam tantangan termasuk juga tracking (perjalanan) di alam terbuka, menuju lokasi air mencoba memasuki Curug Sawer. Dipanggil wisata alam semuanya kelompok, sebab turis lokal dan mancanegara dapat pilih tempat kepada bermalam. Apa bila mempunyai dana yang lumayan, turis lokal dan mancanegara dapat pilih cottage yang ada di di kisaran tempat itu oleh macam bandrol dari Rp200 ribu sampai Rp350 ribu permalam. Apa bila tak, dapat pilih kemping di di kisaran danau oleh tarif Rp5 ribu saja kepada satu hari semalam.

Terdapat ada banyak blok bumi perkemahan di Situ Gunung, yaitu Blok Tepus, Kalianda, Harendong, Tegal Arben serta Bagedor. Tetapi yang butuh diingat, apa bila datang terlambat di musim berlibur atau di akhir minggu, kadang-kadang semuanya tempat telah fullbook kepada aktivitas perkemahan atau aktivitas outbound sampai beberapa ratus orang.

Danau Situ Gunung ini dikelilingi dengan rimba pinus yang menjadikan panorama serta hawa di Situ Gunung ini merasa begitu menyejukkan. Di di kisaran danau Situ Gunung kalian dapat beraktivitas apa pun, cuma kepada nikmati pemandangan keindahan alam yang tetap alami, atau duduk merenung memandang air danau yang tenang. Apa bila menginginkan menginap di di kisaran danau anda dapat menyewa villa yang terdapat di lingkungan danau. Tetapi, apa bila visitor menginginkan nikmati situasi malam ditempat seindah, visitor bisa membangun tenda, tepatnya di ruang camping ground yang dapat anda pakai kepada membangun tenda.

Di Situ Gunung, terkecuali dapat nikmati wisata alam, visitor pula dapat lihat segera ada banyak flora serta fauna yang diproteksi. Besutan data yang diperoleh, terdapat ada banyak flora yang tumbuh di Situ Gunung. Salah satunya, Puspa (Schima walichi), Rasamala (Altingia exelsa), Damar (Agathis loranthifolia), Saninten (Castania argantea), Gelam (Eugenia fastigiata), Lemo (Litsea cubeba), dan Harendong Cai (Medinela speciosa). Sementara itu kepada fauna ada babi rimba, kijang, macan tutul, kera, surili, jaralang, trenggiling, ayam rimba serta tekukur.

Tetapi, yang susah diakui yang menjelaskan danau seluas 6 hektare di Situ Gunung nyatanya danau bikinan. Sepintas dengan cara kasat mata, danau itu betul-betul nampak alami. Kenyataannya, danau ini sepertinya danau bikinan dengan satu diantara pejuang kemerdekaan Tanah air dua era sebelumnya. Berdasarkan narasi, danau ini di buat dengan bangsawan Mataram Rangga Jagad Syahadana, yang pada akhirnya di kenal yang menjadi Mbah Jalun. Dia adalah buronan belanda yang lari besutan Kerajaan Mataram sebab diburu penjajah selanjutnya era 1800-an. Sesudah bersembunyi di ada banyak kesultanan Jawa Tengah, pada akhirnya Mbah Jalun menetap di Kesultanan Banten.

Belanda pada akhirnya mencium kehadiran Situ Gunung serta begitu takjub waktu lihat keindahan danau bikinan itu, mengingat saat tahu danau itu di buat dengan seseorang buronan. Selanjutnya th. 1840, Mbah Jalun tertangkap serta dijatuhi hukuman gantung. Namun, Sebelumnya proses hukuman gantung yang gagasannya di gelar di alun-alun Cisaat, ia sukses melarikan diri. Syahadana sendiri meninggal dunia th. 1841 di daerah Bogor. Tetapi, sampai baru-baru ini makamnya tetap dirahasiakan dengan keturunannya.

Wisata alam Situ Gunung terdapat di kaki gunung Gede serta adalah lokasi konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dengan cara administratif pemerintahan masuk dalam lokasi Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Besutan kota Sukabumi berjarak belum unggul 15 Km kearah Barat/Bogor. Akses menuju ke sana sedikit gampang, bisa ditempuh oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Angkutan umum besutan arah kota Sukabumi ke arah Bogor, turun di Masjid Agung Cisaat. Besutan Jl. Raya Cisaat masuk ke kanan sejauh 10 Km. Retribusi masuk ke lokasi ini sedikit terjangkau.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Liburan di Situ Gunung Sukabumi"

Post a Comment